Soal Pendidikan Pancasila - PKn - Kelas 3 - Semester 1
1. Contoh kegiatan gotong royong yang baik dilakukan di sekolah seperti ....
a. Saling mencontek saat ulangan
b. Bekerja sama mencoret-coret tembok sekolah
c. Berkelahi dengan siswa kelas lain
d. Kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah
2. Kerja bakti salah satu contoh ....
a. kerja sendiri
b. gotong royong
c. egois
d. individu
3. Agar terwujud kesepakatan bersama perlu dilakukan ....
a. bersama
b. metting
c. musyawarah
d. dengan ramai-ramai
4. Para warga desa Tambakromo semangat gotong royong membangun jembatan. Kegiatan gotong royong tersebut bisa membuat warga menjadi ....
a. Saling bersaing
b. Bermusuhan
c. Semakin rukun
d. Saling bertengkar
5. Walaupun berbeda pendapat dengan teman saat musyawarah kita harus ....
a. marah-marah
b. menghargai dan menghormati
c. tidak setuju
d. setuju dengan marah
6. Gotong-royong adalah salah satu sikap yang dimiliki bangsa Indonesia, dengan gotong royong pekerjaan yang berat akan terasa ....
a. Semakin berat
b. Lebih lama
c. Lebih ringan
d. Biasa saja
7. Arti keputusan bersama adalah ....
a. diskusi bersama
b. musyawarah
c. mufakat
d. mendiskusikan
8. Melalui musyawarah, masalah akan mudah terselesaikan dengan menggunakan keputusan ....
a. Pribadi
b. Bersama
c. Perorangan
d. Individu
9. Kita harus menolong orang lain yang sedang ....
a. tidak membutuhkan
b. marah-marah
c. bertengkar
d. membutuhkan pertolongan
10. Dengan gotong royong pekerjaan adalah ....
a. lambat selesai
b. lama selesai
c. tidak selesai
d. cepat selesai
11. Adab ketika menyampaikan sebuah pendapat yang baik ketika mengikuti musyawarah yakni hendaknya diiringi dengan ....
a. Alasan yang tepat dan masuk akal
b. Sanjungan kepada ketua musyawarah
c. Suara yang sangat keras dan terkesan membentak
d. Keinginan diri pribadi
12. Contoh kegiatan musyawarah di kelas adalah ....
a. Belajar bersama
b. Mengerjakan PR
c. Menjenguk teman sakit
d. Pembagian tugas piket
13. Akibat dari tidak saling menghargainya pendapat orang lain ketika proses musyawarah sedang berlangsung adalah ....
a. Keributan
b. Persaudaraan
c. Persatuan
d. Ketentraman
14. Setiap orang boleh memberi pendapatnya pada saat ....
a. bermusyawarah
b. mandi
c. menyanyi
d. berolah raga
15. Kita bisa memulai sikap bersatu di rumah dengan ....
a. beradu pendapat satu sama lain
b. meninggalkan kewajiban masing-masing
c. saling menghormati hak masing-masing
d. mengambil hak anggota keluarga yang lain
16. Ale berani memegang katak, sebaliknya Made sangat takut. Apa yang sebaiknya Ale lakukan?
a. menakut-nakuti Made
b. mengejek Made penakut
c. melempar katak ke Made
d. mengajak Made agar lebih berani
17. Membantu orang tua merupakan peran seorang ....
a. Ibu
b. Anak
c. Ayah
d. Nenek
18. Kegiatan … termasuk mencintai lingkungan.
a. membuang sampah di sungai
b. membakar sampah di pemukiman
c. meningkatkan polusi udara
d. merawat tanaman
19. Jika hutan rusak, maka yang terjadi yaitu ....
a. Kayu semakin mahal karena langka
b. Menyebabkan banjir saat musim hujan
c. Menyebabkan tsunami
d. Masyarakat tidak bisa membuat perabotan
20. Meskipun kita berasal dari latar yang berbeda kita harus tetap ....
a. Berpisah
b. Berkumpul
c. Bersatu
d. Berbeda
21. Musyawarah merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan masalah berdasarkan ....
a. Keputusan bersama
b. Keputusan pribadi
c. Pendapat individu
d. Sikap tidak peduli
22. Ayah Andi selalu berpesan agar ia bisa selalu hidup sederhana. Hidup sederhana adalah menjalani hidup dengan sesuai kebutuhan. Contoh dari hidup sederhana seperti ....
a. Tidak suka memberi bantuan kepada orang lain
b. Tidak berlebihan menggunakan uang yang dimiliki
c. Memakai pakaian yang lusuh dan kotor
d. Selalu menabung setiap hari
23. Suatu keputusan yang telah disepakati bersama ketika musyawarah, maka keputusan tersebut harus dijalankan dengan sikap ....
a. Tidak perduli
b. Terpaksa
c. Pesimis dan pasif
d. Tanggung jawab dan profesional
24. Sikap kita terhadap teman saat berbeda pendapat saat musyawarah adalah ....
a. Tidak peduli
b. Menghargai
c. Mengejek
d. Menjauhi
25. Bergotong royong merupakan pengamalan pancasila sila ke ....
a. Satu
b. Dua
c. Tiga
d. Empat
26. Di sekolah ada yang menjadi kepala sekolah, guru, dan murid. Hal ini menunjukan karakteristik individu berupa ....
a. Ekonomi
b. Fisik
c. Peran
d. Sekolah
27. Dengan membiasakan hidup sederhana sejak dini, kita bisa mencegah diri kita mempunyai sifat ....
a. Boros
b. Rendah hati
c. Selalu bersyukur
d. Peduli
28. Peran seorang murid di dalam kelas adalah ....
a. Mengajar di kelas
b. Memimpin di kelas
c. Bermain
d. Belajar di kelas
29. Yang wajib menjaga kerukunan sekolah ....
a. Warga sekolah
b. Guru
c. Murid
d. Kepala sekolah
30. Musyawarah dilakukan untuk mencapai ....
a. Mufakat
b. Kemenangan
c. Masalah
d. Keributan