Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengunduh Daftar Peserta Didik di Dapodik Menggunakan File Excel

Cara Mengunduh, Mencetak Daftar Siswa atau Peserta Didik (PD) yang Aktif pada Aplikasi Dapodik Offline  untuk jenjang PAUD Hingga SMA/SMK Versi Terbaru


 Pada Daftar PD di dapodik yang dihasilkan dari input data pada daftar kelas yang dibuat oleh masing-masing Wali Kelas, Operator Sekolah juga memasukkan data di dapodik yang tidak terdapat pada Buku Daftar Kelas,  oleh karena itu data pada aplikasi dapodik menjadi data yang paling lengkap serta terjamin kevalidannya. Data-data yang termuat pada Daftar Peserta Didik antara lain adalah Nama Lengkap Siswa, Nomor Induk Peserta Didik (NIPD) di Sekolah, Jenis Kelamin (JK),  Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Tempat Lahir, Nomor Induk Kependudukan (NIK),  Agama, Alamat, RT, RW, Dusun/Dukuh, Kelurahan/Desa, Kecamatan, Kode Pos, Jenis Tinggal, Alat Transportasi, Telepon, HP, Email, SKHUN, Penerima KPS, No. KPS, Nama Ayah, Tahun Lahir, Jenjang Pendidikan Terakhir, Pekerjaan, Penghasilan, NIK, Nama Ibu, Tahun Lahir, Jenjang Pendidikan, Pekerjaan, Penghasilan, NIK, Nama Wali Siswa, Tahun Lahir, Jenjang Pendidikan, Pekerjaan, Penghasilan, NIK, Rombel Saat Ini, No. Peserta Ujian Nasional, No. Seri Ijazah, Penerima KIP, Nomor KIP, Nama di KIP, Nomor KKS, No. Registrasi Akta Lahir, Bank, Nomor Rekening Bank, Rekening Atas Nama, Layak PIP (usulan dari sekolah), Alasan Layak PIP, Kebutuhan Khusus, Sekolah Asal, Anak ke-berapa, Lintang, Bujur, No. KK, Berat Badan, Tinggi Badan, Lingkar Kepala, Jumlah Saudara Kandung, serta Jarak Rumah ke Sekolah (KM).

Karena begitu lengkapnya data yang terdapat pada dapodik, maka Bapak atau Ibu guru yang membutuhkan data tersebut  dapat meminta bantuan kepada Operator Sekolah untuk mengunduhnya, hal ini dikarenakan Daftar PD hanya dapat didownload di dapodik melalui login dapodik peran yang dilakukan oleh Operator Sekolah.


Cara Mengunduh Daftar Peserta Didik dengan File Excel pada Aplikasi Dapodik


1. Silakan Kunjungi website berikut : http://localhost:5774/ kemudian lakukan login menggunakan akun dapodik sebagai  peran Operator Sekolah.

2. Pilih dan Klik menu "Peserta Didik".

Silakan klik simbol segitiga pada menu peserta didik serta klik Peserta Didik.

3. Pilih dan Klik menu Unduh kemudian Klik Daftar PD.

4. Daftarkan PD File Excel yang telah  berhasil Diunduh dari Dapodik

Setelah Anda memilih kemudian mengeklik Daftar PD seperti yang tertera pada poin ke-3 di atas, silakan anda  tunggu proses download hingga  selesai kemudian buka hasilnya. Untuk cara praktis mencari file yang telah unduh,  Anda dapat membuka tab baru, kemudian tekan CTRL+J dan klik Show in folder.

Demikianlah Cara Mengunduh File Daftar Peserta Didik menggunakan Format Excel pada Aplikasi Dapodik. Semoga bermanfaat