Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penggunaan Dapodik Untuk Jalankan Program Pemerintah


Data Pokok Pendidikan atau Dapodik merupakan salah satu sistem pengelolaan dan pengumpulan data pokok pendidikan yang mencakup semua jenjang dalam pendidikan. Input data akan dilakukan oleh pihak sekolah dan data akan terkirim secara real-time ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dapodik juga sudah memiliki dasar hukum yang jelas yaitu melalui intruksi menteri nomor 2 tahun 2011 tentang pengelolaan data pokok pendidikan dan Permendikbud Nomor 79 tahun 2015 tentang data pokok pendidikan. Sampai sekarang, Dapodik sudah banyak dipakai untuk menjalankan berbagai program dan kebijakan.

Penggunaan Dapodik Untuk Jalankan Program Pemerintah

1. Program Indonesia Pintar

Berbagai data siswa memang tersedia di Dapodik seperti status kepemilikan kartu KIP, data pencairan bantuan PIP ke rekening bank dan data usulan siswa dengan kriteria miskin. Dengan adanya Dapodik, maka program Indonesia Pintar bisa dijalankan dengan efektif.

2. Bantuan Operasional Sekolah

Bantuan Operasional Sekolah atau disingkat BOS adalah salah satu program pemerintah yang sangat membantu para siswa. Dapodik dipakai sebagai acuan untuk melakukan perhitungan dan validasi untuk penyaluran uang BOS oleh direktorat teknis di lingkuangan Ditjen Dikdasmen. 

3. Program Tunjangan Guru 

Program tunjangan guru atau tenaga pendidik di Indonesia sangatlah penting untuk meningkatkan kesejahteraan para guru. Ditjen GTK akan melakukan proses verifikasi dan validasi data mengenai kelayakan seorang guru dalam sistem Dapodik.

4. Ujian Nasional

Ujian Nasional merupakan salah satu program pendidikan yang selalu dilakukan secara rutin. Dapodik memiliki data yang lengkap mengenai siswa untuk dijadikan calon peserta ujian nasional dan nantinya akan langsung diproses oleh Puspendik, Balitbang. 

5. Bantuan Rehabilitasi

Dapodik juga dijadikan acuan dalam menyalurkan bantuan rehabilitasi ruang kelas di tiap sekolah. Dengan melihat Dapodik, maka pemerintah akan memberikan bantuan sarana atau prasarana untuk menunjang kelayakan suatu sekolah. 

Semua program diatas merupakan contoh program yang dijalankan pemerintah dengan acuan Dapodik.

Sekian bahasan singkat mengenai Penggunaan Dapodik Untuk Jalankan Program Pemerintah dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.