Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengoperasikan Aplikasi Dapodik


Awalnya, aplikasi Dapodik memang hanya diperuntukan buat para tenaga administrasi atau guru yang memiliki tugas tambahan sebagai seorang operator Dapodik. Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, tentu metode pelaporan dengan cara manual sudah tidak efektif.

Efisiensi yang dimiliki Dapodik menjadi salah satu alasan, kenapa pemerintah terus menjalankan sistem Dapodik. Kini pengurusan Dapodik bukan hanya tugas tambahan lagi, namun sekarang sudah menjadi sebuah jabatan yang terbilang penting.

Tugas yang di emban seorang operator Dapodik tidaklah mudah, karena mencakup semua aspek data sekolah. Semua bentuk pelaporan yang berhubungan dengan siswa, pengajar dan sekolah, tentu menjadi tanggung jawab dari operator Dapodik.

Pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menyebutkan bahwa operator Dapodik adalah pejuang data pendidikan Indonesia. Untuk bisa menjalahkan Dapodik, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Cara Mengoperasikan Aplikasi Dapodik

Untuk mengoperasikan aplikasi Dapodik memang tidaklah sulit dan perlengkapan yang dibutuhkan juga tidak ribet. Hal pertama yang perlu disiapkan adalah Laptop atau PC dengan spek RAM yang memadai, karena Dapodik akan berhubungan dengan data dalam jumlah yang besar.

Apabila perangkat pc sudah disiapkan, maka silahkan anda siapkan konektivitas internet yang stabil dan silahkan instal aplikasi Dapodik. Proses instal aplikasi juga sangatlah simpel, sehingga tidak akan membuat binggung operator Dapodik.

Jika aplikasi sudah berhasil di instal, maka operator akan masuk dalam proses registrasi. Silahkan operator Dapodik melakukan registrasi dengan benar dan pastikan semua datanya adalah data asli atau data bohong.

Setelah pihak operator dan sekolah telah berhasil di registrasi, maka operator sudah bisa mengisi data Dapodik secara menyeluruh. Seorang operator Dapodik haruslah memiliki jiwa pendidikan yang tinggi dan bisa bekerja iklas. Tumpukan pekerjaan haruslah dikerjakan dengan baik dan teliti.

Itulah bahasan singkat mengenai cara mengoperasikan aplikasi Dapodik dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.