Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Dapodik


Pada dasarnya, Data Pokok Pendidikan atau Dapodik per tahunnya selalu mengalami perkembangan, karena adanya berbagai perubahan dan kebijakan dai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dapodik diselenggarakan memang dengan perencanaan yang matang, sehingga sangatlah membantu pihak pemerintah Indonesia.

Dengan adanya Dapodik, maka pemerintah memiliki data yang valid dan akurat. Data bisa dipakai untuk berbagai keperluan seperti menjalankan sebuah kebijakan dalam dunia pendidikan. Secara umum, Dapodik memiliki beberapa fungsi.

Fungsi Dapodik

Dapodik bisa dipakai pemerintah untuk mengalokasikan dana BOS bagi tiap sekolah sesuai dengan jumlah siswanya. Program Bos adalah salah satu program pendidikan yang telah dijalankan sejak lama dan bermanfaat untuk membantu para siswa dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan Indonesia.

Guru yang sudah memenuhi persyaratan biasanya akan mendapatkan berbagai tunjangan dari pemerintah dan data guru penerimanya biasanya diambil dari Dapodik. Apabila guru belum terdaftar di Dapodik, maka akan sulit untuk mendapatkan tunjangan.

Untuk mengembangkan sistem pendidikan di tiap sekolah, tentu dibutuhkan sarana dan prasarana yang memadai. Dapodik juga dijadikan acuan pemerintah dalam menyalurkan alokasi dana untuk pengembangan sarana dan prasarana di tiap sekolah.

Setiap sekolah yang telah mengalami perubahan kelembagaan, maka perlu perubahnya di sistem Dapodik. Dengan adanya Dapodik, maka pemerintah akan mengetahui mengenai pengajuan dan perbaikan data kelembagaan suatu sekolah.

Dapodik juga berfungsi untuk melakukan pengajuan dan verval data, nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan atau NUPTK. Setiap guru pasti memiliki nomor unik tersendiri dan tidak mungkin sama dengan yang lainnya.

Dapodik akan berguna juga untuk pengajuan dan verval data peserta didik atau siswa dan nomor induk siswa nasional atau NISN. Tak hanya itu, Dapodik juga bisa berguna untuk pengajuan dan verval data satuan pendidikan dan nomor pokok sekolah nasional atau NPSN.

Hadirnya Dapodik juga bisa membantu proses pemetaan dan pemerataan guru di seluruh Indonesia. Adanya Dapodik juga bisa membantu pemerintah dalam hal monitoring dan evaluasi berbagai kebijakan yang dijalankan.

Aplikasi Dapodik tentu berbasis online, sehingga mampu mempercepat dan meningkatkan tingkat efektifitas dalam hal pelaporan yang dilakukan pihak sekolah kepada pemerintah.

Sekian bahasan lengkap mengenai Fungsi Dapodik dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.