Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Orangtua Harus Tau Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini

Pict Source: Pixabay

 

Pendidikan anak memang sangat penting, termasuk pendidikan anak usia dini. Namun sayangnya masih banyak orangtua yang belum menyadari pentingnya pendidikan anak usia dini. Agar si anak siap untuk memulai pendidikan di masa mendatang, maka pendidikan bisa dijadikan sebagai pondasi yang tepat.

Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini

PAUD atau pendidikan anak usia dini bisa didapatkan sebelum memasuki masa sekolah (pra sekolah) untuk anak yang berusia 0 hingga 6 tahun. Pentingnya pendidikan anak usia dini yaitu sebagai berikut:

1. Dapat membangun pondasi dasar kepribadian seorang anak.
2. Dapat meningkatkan prestasi akademik, membentuk karakter yang pantang menyerah, mengoptimalkan potensi yang dimiliki dan lebih mandiri.
3. Membentuk anak agar bisa sukses di masa yang akan datang.

Memang sih, pendidikan anak usia dini tidak bisa secara instan mendatangkan kesuksesan, maka dari itu peran orangtua sangatlah dibutuhkan untuk ikut serta membimbing anaknya. Sehingga ketika anak sudah berada di pendidikan yang lebih tinggi, kesuksesan tersebut bisa dirasakan. Bahkan jika dibandingkan dengan anak yang tidak mendapat pendidikan usia dini, keberhasilan akan lebih besar jika anak tersebut mendapatkan pendidikan usia dini.

Yang Dipelajari di Pendidikan Anak Usia Dini

Tentunya pendidikan anak usia dini ini lebih berfokus ke emosional, kognitif, perkembangan fisik dan juga sosial anak. Ada beberapa hal yang dipelajari di institusi PAUD, yaitu sebagai berikut:

1. Bermain dengan berbagai permainan, seperti permainan sensorik, permainan dengan pasir, permainan dengan air, konstruksi, simbolik dan lain sebagainya.
2. Kegiatan keterampilan dan artistik seperti membuat model, melukis, menggambar, membersihkan rumah dan berbagai kegiatan lain yang dekat dengan keseharian anak.
3. Aktivitas yang menggunakan musik dan gerakan seperti bernyanyi, menari dan menghafalkan lagu.
4. Kegiatan outdoor, seperti menanam bunga, bermain pasir di pantai dan jalan-jalan.
5. Kegiatan komunikasi kreatif, misalnya membaca buku, menghafal dan mendongeng.
6. Kegiatan yang melatih kepekaan anak, contohnya menghitung, melakukan pengamatan, eksperimen dan pembacaan dengan gambar.

Sekarang para orangtua sudah mengetahui ya betapa pentingnya pendidikan anak usia dini ini. Jadi jangan ragu untuk mendaftarkan anak di institusi PAUD.