Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perlukah Pendidikan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi?

Pict Source: Pixabay

 

Sebagai warga negara Indonesia, pastinya kita sudah mengenal pendidikan bahasa Indonesia sejak Sekolah Dasar (SD) ya. Nah, pendidikan bahasa Indonesia ini bisa kita dapatkan mulai dari SD hingga ke perguruan tinggi. Mungkin banyak orang yang menyepelekan tentang pendidikan bahasa Indonesia dengan alasan bahasa Indonesia merupakan bahasa sehari-hari sehingga tidak perlu dipelajari.

Perlukah Pendidikan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi?

Padahal meskipun bahasa Indonesia digunakan sehari-hari tetap ada kaidah-kaidahnya sehingga kita perlu mempelajarinya ya. Lantas, belum cukupkan pendidikan bahasa Indonesia dari SD hingga SMA/SMK? Untuk menjawab hal tersebut, mari kita lihat pembahasan di bawah ini!

Sebenarnya pendidikan bahasa Indonesia di perguruan tinggi memang sangat diperlukan, karena di semester awal hingga semester akhir mahasiswa akan membuat laporan yang memang harus sesuai dengan kaidah penulisan bahasa Indonesia. Penyusunan laporan pun tidak boleh asal, karena diperlukan pemikiran yang matang dan pola pikir yang berkembang sehingga menjadikan laporan tersebut layak.

Dari sini saja kita sudah mengetahui ya bahwa pendidikan bahasa Indonesia memang sangat dibutuhkan di perguruan tinggi. Selain itu juga dengan belajar bahasa Indonesia kita turut melestarikan bahasa. Karena siapa lagi yang akan melestarikan bahasa Indonesia kalau bukan kita sendiri?

Tujuan Mata Kuliah Bahasa Indonesia

Ada 3 tujuan utama adanya mata kuliah bahasa Indonesia, yaitu sebagai berikut:

1. Timbulnya rasa setia terhadap bahasa Indonesia. Sehingga diharapkan para mahasiswa dapat memelihara bahasa Indonesia.

2. Adanya kebanggaan tersendiri karena menggunakan bahasa Indonesia.

3. Menyadarkan dan memelihara bahasa Indonesia.

Manfaat Mempelajari Bahasa Indonesia

Disamping tujuan, ada juga manfaat dalam mempelajari bahasa Indonesia, yaitu:

1. Menumbuhkan sikap bahasa yang positif.

2. Meskipun ada berbagai bahasa daerah di Indonesia, bahasa Indonesia bisa menjadi bahasa pemersatu.

3. Adanya rasa bangga terhadap bahasa Indonesia.

4. Menumbuhkan kesadaran bahwa ada norma berbahasa.

Bahasa Indonesia memang sangat penting untuk dipelajari, apalagi di perguruan tinggi. Sekarang ini kita bisa dengan mudah mempelajari bahasa Indonesia di internet, maka dari itu sebagai bahasa pemersatu bangsa sudah sepatutnya kita mempelajari bahasa Indonesia dengan baik.