Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Peran dan Fungsi Dapodik

 Peran dan Fungsi Dapodik yang Harus Anda Ketahui Sebagai Operator Sekolah atau Instansi



Sejak adanya perubahan internal dari kementerian. Dapodik kini berada di eksistensi DDSP KEMENDIKBUD RI .  Hal ini kemudian menjadi titik awal berlangsungnya reformasi pendataan data pokok peserta didik yang kian berkembang hingga saat ini. Terlebih kini dapodik menjadi acuan data yang digunakan oleh Kemendikbud untuk memperoleh beberapa kebijakan yang berkaitan dengan biaya operasional sekolah atau dikenal dengan sebutan Dana BOS. Serta beberapa kebijakan lain seperti bantuan sarana maupun prasarana dan tunjangan terhadap guru atau kebijakan lain yang menggunakan data.
Selain berfungsi sebagai acuan data oleh Kemendikbud. Dapodik juga terus mengalami perkembangan yang diakibatkan oleh perubahan kebijakan dalam program Kemendikbud. Berikut ini adalah beberapa fungsi yang dimiliki dapodik.

1. Dapodik memberi alokasi dana bantuan operasional  kepada sekolah atau instandi sesuai dengan jumlah siswa yang terdapat dalam satu sekolah atau instansi terkait. 
2. Dapodik memberi alokasi kuota penerima tunjangan kepada guru yang memenuhi syarat ketetapan yang telah ditentukan.
3. Dapodik mengalokasikan dana bantuan dan sarana prasarana kepada instansi yang terdata belum memadai.
4. Dapodik  mengajukan dana untuk  melakukan verifikasi dan validasi ( Verval ) pada data maupun Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK ).
4. Dapodik melakukan progam pengajuan dan Verval data bagi siswa serta Nomor Induk Siswa Nasional ( NISN ).
5. Dapodik melakukan pengajuan untuk upaya Verval data yang memiliki keterkaitan dengan satuan pendidikan dan Nomor Pokok Sekolah Nasional ( NPSN).
6. Dapodik melakukan progam pemetaan serta pemerataan terhadap para tangan pendidik.
7. Dapodik melakukan monitoring serta  evaluasi tentang bermacam-macam kebijakan dan  progam yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud.
8. Dapodik mempercepat dan membantu upaya peningkatan efektivitas pelaporan yang telah dilakukan sekolah kepada kementerian dan juga mengurangi adanya resiko penyimpangan atau pelanggaran terhadap sesuatu yang pernah terjadi sebelumnya. 


Dengan begitu, dapat di tarik kesimpulan bahwa  data yang dimiliki oleh Dapodik sangat penting untuk  dimiliki oleh tenaga pendidik baik guru maupun siswa. Demikianlah ulasan singkat mengenai Data Pokok Pendidikan atau Dapodik.