Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memunculkan Menu Sinkronisasi Dapodik 2021b Menggunakan Peran Kepala Sekolah

 Cara Memunculkan Menu Sinkronisasi Pada Dapodik Versi 2021.b di Akun Dapodik Kepala Sekolah maupun Bapak/Ibu Operator Sekolah serta Kepala Sekolah.



ketika sekolah atau instansi Anda baru saja berhasil mengunduh aplikasi dapodik 2021 b, yang akan terjadi adalah menu sinkronisasi pada halaman dashboard dapodik Kepala Sekolah akan otomatis hilang atau tidak muncul. Hal ini disebabkan adanya perbaikan pada beberapa fitur dapodik versi 2021.b, antara lain  perbaikan proses penentuan role pengguna serta peran, perubahan proses bisnis ketika anda akan melakukan sinkronisasi (harus memiliki hak akses sebagai kepala sekolah, serta perbaikan pada bugs saat menampilkan data pengguna  yang ada di menu manajemen pengguna.
Bagaimana solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi menu sinkronisasi yang tidak muncul di aplikasi dapodik versi 2021 b  yang menggunakan peran login akun dapodik Kepala Sekolah?

Berikut ini adalah  langkah-langkah yang harus anda lakukan selalu operator sekolah agar dapat memunculkan menu sinkronisasi pada dapodik 2021.b peran login menggunakan akun kepala sekolah dan juga  cara menambahkan hak akses akun dapodik kepala sekolah pada  manajemen pengguna aplikasi dapodik versi 2021 b agar terdapat menu sinkronisasi : 


1. Lakukan login pada  aplikasi dapodik versi 2021.b menggunakan akun Operator Sekolah pada http://localhost:5774/ .
2. Pilih  Menu Pengaturan serta Manajemen Pengguna.
3.  Silahkan masukkan kode registrasi dapodik, setelah itu klik OK.
4. Klik Akun Dapodik Kepala Sekolah selanjutnya klik Tambah.
5. Klik menu Segitiga dan juga Klik menu Kepala Sekolah.
6. Klik Simpan .


Setelah Anda memilih atau mengklik  tombol "Simpan"  selanjutnya anda harus menunggu proses penyimpanan hingga berhasil. Setalah itu silakan anda melakukan tukar pengguna sebagai peran kepala sekolah agar dapat mengecek menu sinkronisasi pada laman dashboard login peran kepala sekolah sudah ditampilkan atau belum. 
Selain menggunakan cara ini anda juga dapat menggunakan cara login peran kepala sekolah menggunakan akun dapodik kepala sekolah. Maka  dari itu silahkan keluar dari  dapodik operator sekolah kemudian ikuti langkah berikut.


7. Anda dapat Login ke Dapodik 2021.b dengan Akun Dapodik Kepala Sekolah.
8. Pilih lalu Klik Role Pengguna Kepala Sekolah.
9. Lihatlah hasil yang akan ditampilkan dimana menu sinkronisasi dapodik 2021.b sudah muncul.


Demikian sekilas yang dapat anda lakukan  untuk mengatasi menu sinkronisasi yang tidak muncul pada Dapodik 2021 b sebagai peran login akun Dapodik Kepala Sekolah. Semoga bermanfaat.