Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Terbaru Sinkronisasi Dapodik Versi 2021.c

Langkah Terbaru Sinkronisasi Dapodik Versi 2021.c Menggunakan Login Dapodik Sebagai Kepala Sekolah atau dengan Login menggunakan Akun OPS serta Melakukan Tukar Akses Pengguna Operator Sekolah sebagai KS.


Anda tentunya tahu bukan bawa langkah-langkah sinkronisasi dapodik Veris 2020/2021 berbeda dengan sinkronisasi dapodik versi 2019. Apalagi jika anda login  menggunakan akun operator sekolah maka menu beranda Dapodik 2021 tidak mmenampilkan tombol sinkronisasi.  Lantas di mana menu sinkronisasi dapodik dapat muncul serta ditemukan?.
Karena adanya pembaharuan fitur lembar konfirmasi sinkronisasi, tombol sinkronisasi dapodik 2021 hanya akan terlihat ketika anda tengah login menggunakan akun dapodik milik kepala sekolah atau operator sekolah dan juga melakukan tukar akses menggunakan peran kepala sekolah. Berikut ini adalah cara sinkronisasi dapodik Veris 2021. 


Cara Sinkronisasi Dapodik Versi 2021.


Sebum memulai pastikan internet yang anda gunakan lancar agar dapat mengikuti langkah-langkat sinkronisasi dapodik berikut ini. 


1. Silahkan anda login menggunakan  dapodik versi 2021.c
Terkhusus untuk cara sinkronisasi dapodik versi terbaru 2021.c  anda  hanya dapat melakukannya pada halaman dapodik milik kepala sekolah. Dan mengenai login di beranda dapodik kepala sekolah anda dapat masuk menggunakan akun kepala sekolah atau masuk menggunakan akun operator sekolah setelah itu memanfaatkan fitur tukar pengguna peran operator sekolah menjadi kepala sekolah. 
Berikut ini adalah cara untuk bertukar pengguna operator sekolah menjadi kepala sekolah :
 ° Silahkan buka halaman login dapodik
° masukkan email serta password untuk login operator sekolah
° pilih menu pengaturan kemudian klik.
°pilih tombol tukar akses pengguna kemudian klik.
° masukkan kode registrasi dapodik sekolah lalu klik OK
° pilih menu Akun GTK kemudian klik.
° cari serta klik nama Kepala Sekolah
° klik Tombol Tukar Pengguna


2. Lakukan validasi serta pilih menu sinkronisasi.
Silakan pilih menu validasi, validasi lokal, kemudian klik tombol tabulasi sekolah, peserta didik, sarpras,GTK, jadwal, dan rombongan belajar serta nilai,pembelajaran, dan referensi. Pastika bahwa data yang anda masukkan semua merupakan data yang valid. Setelah itu silahkan pilih menu sinkronisasi.
Jika tiba -tiba ada data yang masih warning maka silahkan  klik Ya. Agar anda bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya.


3. Pilih tombol Lanjut di lembar konfirmasi sinkronisasi dapodik step atau tahap 1.
Lembar konfirmasi  dimaksud berupa rekapitulasi pada  beberapa data yang sudah diinput  menggunakan Aplikasi Dapodik untuk memperoleh konfirmasi sebelum dikirim ke server pusat milik Kemendikbud. 


4. Pilih tombol Tampilkan  yang ada pada lembar sinkronisasi dapodik step 2 a.
Pada lembar konfirmasi sinkronisasi ini ada  lima tabel yang ditampilkan yaitu tabel GTK, peserta didik,pembelajaran, sarana dan prasarana, serta sekolah. Silakan pilih tombol tampilkan agar dapat menampilkan detail per tabel. 


5. Centang semua isian yang ada kemudian klik tombol konfirmasi pada lembar sinkronisasi dapodik step 2 b.
Pastikan Anda sudah memberikan centang pada segala isian. Karena Jika ada isian yang belum dicentang konfirmasi tidak  akan dapat dilakukan  serta tidak dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya. Jika anda telah mencentang semua isian, silahkan klik tombol konfirmasi isian dapodik.


6. Pilih Lanjutkan Sinkronisasi yang terdapat pada lembar persetujuan pengiriman data dapodik.
Pastikan data yang telah dikonfirmasi sudah sesuai  data sebelummelakukan sinkronisasi. Kemudian, klik tombol Lanjutkan Sinkronisasi.


7. Pilih Lanjut yang terdapat pada lembar konfirmasi sinkronisasi dapodik step 3 (Pernyataan integritas kepala sekolah tentang data dapodik).
Contoh isi Pernyataan Integritas Data Dapodik
Saya yang bertanda tangan di bawah ini, selaku kepala sekolah ... menyatakan dengan sesungguhnya bahwa data yang dikirimkan ke server Dapodikdasmen Kemdikbud telah diperiksa kebenarannya dan sesuai dengan fakta di sekolah yang saya pimpin.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan apabila terjadi manipulasi data, maka saya bersedia menerima sanksi moral, sanksi administrasi, serta tuntutan ganti rugi sesuai dengan peraturan perundang-undangan.


8. Pilih Ya di halaman konfirmasi Sinkronisasi dapodik.
9. Silahkan tunggu proses loading halaman sinkronisasi dapodik.
10.  Tetap Pastikan koneksi dengan server terhubung kemudian klik sinkronisasi.
11. Tunggu kembali sampai sinkronisasi dapodik selesai.

Catatan:
Jika selama proses sinkronisasi belum selesai dan  tiba-tiba terdapat notifikasi "Tidak terkoneksi dengan database server ...",  Anda tidak perlu melakukan proses dari awal lagi, Anda cukup memilih tombol Sinkronisasi lagi.
12. Silakan keluar dari aplikasi Dapodik jika sudah selesai.