Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat atau Mengubah Akun PTK pada Dapodik Versi 2021.c

Cara Membuat atau Mengubah Akun PTK pada Dapodik  Versi 2021.c yang Harus Kamu Tahu 



Jika anda ingin mengisi maupun mengedit data rinci guru atau tenaga pendidikan (GTK-PTK). Anda tidak dapat menggunakan akun operator sekolah, anda dapat beralih dengan menggunakan akun PTK dapodik. Selanjutnya anda sebagai guru akan mengisi atau mengedit data KITAS,PASPOR,Riwayat Sertifikasi, anak, beasiswa, Diklat, buku yang pernah ditulis, Karya tulis, tunjangan, kesejahteraan,tugas tambahan, panghargaan, inpassing non PNS,nilai rest, riwayat gajisecaa berkala, riwayat karir gitu, riwayat kepangkatan, riwayat jabatan pendidik atau Tenaga Kependidikan, serta Riwayat Jabatan Fungsional,  anda dapat meminta untuk dibuatkan akun PTK dapodik pada operator sekolah tempat anda bekerja sebagai guru atau tenaga kependidikan. Sementara untuk Anda yang bertugas sebagai operator dapodik sekolah, anda dapat membiarkan akun PTK untuk  GTK yang belum memilikinya atau anda dapat mengubah  ubah akun PTK milih GTK jika mereka mengimbangi untuk mengubahnya. Apalagi, akun PTK dapat digunakan untuk mengecek info GTK.


Berikut ini adalah sedikit ulasan mengenai cara membuat atau mengubah akun PTK pada dapodik versi 2021.c


Cara Membuat atau Mengubah Akun PTK pada Dapodik Versi 2021.c


1. Silahkan anda Login dapodik menggunakan akun operator sekolah.
2. Pilih menu menu GTK kemudian klik, klik pilihan Guru atau Tenaga pendidikan, klik nama Guru atau Tenaga pendidikan, serta klik juga Penugasan.
3. Pilih kemudian Klik Buat atau Ubah Akun PTK
4. Buatlah password baru kemudian konfirmasi password lalu klik Simpan.

Catatan :
Email akan muncul secara otomatis jika sebelumnya operator sekolah pernah memasukkan email aktif milik PTK pada aplikasi dapodik
Password yang anda masukkan tidak berarti password  yang sama dengan password asli email PTK.
 Anda diharapkan dapat membuat PTK sendiri untuk memasukkan atau membuat password baru .
Akun yang baru saja anda buat  akan digunakan oleh PTK pada keperluan transaksi  di semua aplikasi yang dikelola oleh Ditjen GTK
Akun milik pengguna PTK hanya dapat digunakan oleh PTK yang berada di sekolah .
Demikian adalah Cara Membuat Akun PTK pada Dapodik. Jika suatu saat PTK lupa  terhadap password akunya,  sebaiknya  segera hubungi operator sekolah untuk membuatkan atau mengubah kembali password dengan password yang baru. Sementara untuk cara mengatasi akun PTK di dapodik yang lupa, seperti halnya dengan cara membuat akun PTK di dapodik seperti yang tertera di atas.