Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cek atau Mencari Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) untuk Siswa Paud Hingga SMA/SMK



 


 

 

 

 

 

 

 
Untuk dapat memperoleh informasi mengenai kevalidan info terhadap pemilik nomor induk sekolah nasioal atau NISN kepada siswa dari berbagai jenjang pendidikan baik Paud maupun SMA, baik yang sudah lulus atau yang masih berstatus siswa aktif anda dapat menyimak ulasan berikut ini.

 
Hal - hal mengenai nama siswa, jenis kelamin, tempat lahir serta tanggal lahir dapat anda cek atau anda cari secara online menggunakan website resmi NISN yang dimiliki oleh Kemendikbud. Anda dapat mencarinya pada menu " Pencarian berdasarkan NISN atau jika anda ingin mencari NISN yang hilang atau lupa anda juga dapat mencarinya pada menu " Pencarian Berdasarkan Nama ".  Pencarian seperti ini berlaku untuk siswa dari segala jenjang pendidikan. Baik yang masih duduk di bangku PAUD atau bahkan SMA. Pencarian ini juga dapat dilakukan pada siswa yang masih aktif bersekolah maupun siswa yang telah lulus sekolah. 


Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk mengecek atau mencari nomor induk siswa Nasional ( NISN) berdasar dengan NIS milik siswa baik yang duduk di bangku PAUD,TK,SD,SMP,SMA,SMK.


1. Kunjungi website berikut, https://nisn.data.kemdikbud.go.id/  atau https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/
2. Pada notifikasi yang terlihat silahkan klik Close
3.  Pilih menu kemudian silahkan klik "Pencarian Nama" atau anda dapat langsung mengunjungi https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/index.php/Cindex/formcaribynama
4.Setelah mengeklik menu Pencarian Nama, akan ada tampilan seperti di bawah ini (silakan isi sesuai kolom yang ada).
Keterangan:
° pada nama siswa silahkan isi nama peserta didik sesuai dengan akta kelahiran.
° isi tempat lahir dengan nama daerah tempat lahir siswa sesuai dengan akta kelahiran.
° pada tanggal lahir silahkan isi sesuai dengan akta kelahiran, dengan format tahun, bulan, dan tanggal.
° Pada nama ibu silahkan isi dengan menggunakan nama ibu kandung sesuatu dengan akta kelahiran siswa.
° Jangan lupa memasukkan kode captcha.
° pilih menu cari data.
Setelah Anda memilih menu tombol "Cari Data ", maka layar akan menampilkan hasil pencarian berdasarkan nama, yang akan memuat data berupa: NISN, nama, tempat lahir, tanggal lahir, jenis kelamin serta status keaktifan siswa  baik siswa PAUD hingga siswa SMA/SMK yang Anda cek.
Demikian sekilas cara untuk mengecek atau mencari Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) untuk Siswa PAUD sampai SMA. Semoga membantu.