Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Alasan Pendidikan Karakter Perlu Diadakan

Pict Source: Pixabay

 

Berbicara mengenai karakter, pastinya setiap orang memiliki karakternya tersendiri. Bahkan karakter itu bisa terbentuk dengan sendirinya tanpa ada paksaan dari orang lain, karena karakter bisa timbul dari kebiasaan, apa yang diajarkan, dan apa yang anak lihat. Bahkan di Indonesia sudah cukup lama menerapkan pendidikan karakter, dan pada pembahasan kali ini kita akan mengetahui apa alasan pendidikan karakter perlu diadakan.

7 Alasan Perlu Diadakannya Pendidikan Karakter

Di bawah ini ada 7 alasan yang bisa kamu ketahui dibalik adanya pendidikan karakter, yaitu:

1. Meskipun karakter bisa timbul dengan sendirinya, tetapi dengan adanya pendidikan karakter maka akan membuat si anak memiliki kepribadian yang lebih baik selama hidupnya, sehingga pendidikan karakter ini menjadi cara yang terbaik.

2. Prestasi akademik bukan hanya bisa dilakukan ditingkatkan dengan belajar terus-menerus, namun pendidikan karakter juga berperan penting dalam prestasi akademik.

3. Sebagai seorang siswa, pastinya tempat terbaik untuk mendapatkan karakter adalah di sekolah. Sehingga karakter yang kuat akan terbentuk dan bisa dimiliki oleh siswa tersebut.

4. Di dalam hidup ini kita tidak sendirian, kita hidup berdampingan. Maka dari itu dengan adanya pendidikan karakter bisa membuat siswa lebih siap untuk lebih bisa menghormati atau menghargai orang lain di dalam kehidupan bermasyarakat.

5. Berangkat dari beberapa akar masalah yang berhubungan dengan ketidak sopanan, problem moral-sosial, pelanggaran kegiatan seksual, kekerasan, ketidak jujuran, dan etos kerja atau belajar yang rendah.

6. Perilaku di tempat kerja bisa dipersiapkan dengan cara yang terbaik yaitu pendidikan karakter yang tepat.

7. Untuk mengajarkan kepada siswa mengenai nilai-nilai budaya.

Sebenarnya dalam dunia pendidikan, pendidikan karakter ini memang tidak bisa dipisahkan. Karena pendidikan karakter bukan hanya berfungsi untuk meningkatkan kemampuan tetapi juga bisa membantu membangun bangsa yang lebih beradab dan bermartabat.

Namun tentunya pendidikan karakter ini tidak hanya bisa didapat di sekolah, orangtua ataupun lingkungan sekitar yang baik juga bisa menjadi suatu media untuk membentuk karakter yang baik pada anak.

Sekian informasi kali ini, semoga bermanfaat untuk kamu ya!