Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Agar Belajar Daring Lebih Efektif, Apa Saja?

Pict Source: Pixabay

Pandemi Covid-19 tentunya sangat berdampak ke berbagai aspek ya, salah satunya pendidikan. Nah, di dunia (termasuk Indonesia) menerapkan sekolah daring atau sementara waktu tidak melakukan kegiatan sekolah tatap muka demi mengurangi penularan Covid-19. Banyak orang yang berpendapat bahwa belajar daring kurang efektif.

Nah, disini kamu bisa mengetahui apa aja sih cara yang bisa dilakukan agar belajar daring lebih efektif. Langsung saja yuk kita simak!

Cara Agar Belajar Daring Lebih Efektif

1. Siapkan Fasilitas Penunjang

Karena belajar daring, tentunya fasilitas yang perlu disediakan berbeda dengan sekolah tatap muka biasa. Fasilitas penunjang yang perlu kamu siapkan antara lain yaitu: internet dengan kualitas baik, aplikasi penunjang, laptop atau gadget lainnya, buku, catatan, dan materi belajar lain yang kamu butuhkan.

2. Sesuaikan Jadwal

Meskipun belajar secara daring, tapi kita tetap harus bersemangat dan jangan lupa untuk menyesuaikan jadwal. Misalnya saja saat sekolah sedang libur, jangan kamu gunakan untuk bermalas-malasan atau bermain, tapi tetaplah belajar di rumah.

3. Cari Tempat yang Nyaman

Pada saat belajar, tentunya kita harus berkonsentrasi agar bisa menyerap materi yang diajarkan oleh guru. Maka dari itu sangat penting untuk memilih tempat yang nyaman untuk belajar. Kamu bisa mencoba belajar di dalam kamar, halaman rumah atau di tempat yang menurutmu nyaman.

4. Pelajari Materi Baru

Meskipun guru belum mengajarkan materi baru, tidak ada salahnya kamu membaca-baca sedikit atau bahkan mempelajarinya. Cara ini sangat bermanfaat, karena selain kamu bisa lebih mudah memahami materi pelajaran, kamu juga akan lebih siap untuk belajar.

5. Konsumsi Makanan Bergizi

Makanan bergizi sangatlah penting untuk kesehatan tubuh, termasuk otak. Selain belajar yang rajin, faktor pendukung lain yang bisa membuat belajar lebih efektif yaitu dengan mengonsumsi makanan bergizi.

6. Tidur Cukup

Kurang tidur akan membuat kamu merasa lelah dan tidak semangat belajar. Cukupilah tidurmu sekitar 7 hingga 9 jam per hari agar kamu bisa melakukan aktivitas dengan lebih bersemangat.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar belajar daring lebih efektif. Selamat mencoba cara-cara diatas ya!