Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Kerja Aplikasi Dapodik


Banyak sekali pihak yang belum mengetahui atau memahami cara kerja dari aplikasi Dapodik, sehingga merasa binggung dengan adanya Dapodik. Namun keberadaan Dapodik merupakan salah satu imbas dari adanya perkembangan teknologi di Indonesia.

Semua sekolah harus bisa beradaptasi dengan adanya Dapodik dan harus bisa menyesuaikan berbagai hal yang sudah diterapkan pemerintah. Tujuan utama Dapodik tentu mempermudah dan mempercepat arus data di bidang pendidikan.

Pada dasarnya, Dapodik memang menyediakan berbagai data pendidikan yang bisa dijadikan bahan pertimbangan dan bahan pengukuran dalam pemberlakukan program pemerintah. Dengan adanya Dapodik, maka berbagai kebijakan atau program bisa dijalankan dengan baik.

Cara Kerja Aplikasi Dapodik

Aplikasi Dapodik bisa dipakai oleh setiap sekolah untuk melakukan input data dan melakukan pengiriman data secara langsung ke kementerian lewat daring atau online. Dengan cara kerja yang simpel, tentu sangatlah meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pemenuhan data.

Pihak sekolah biasanya menugaskan seorang operator untuk mengelola dan mengerjakan berbagai hal yang berkaitan dengan Dapodik. Pihak sekolah bisa memasukan berbagai data siswa, tenaga pengajar dan berbagai data yang berhubungan dengan sekolah.

Pihak diberikan minimal 1 kali pembaharuan dalam 1 semesternya. Apabila ada data baru yang baru dipakai, maka data tersebut hanya bisa dimasukan pada semester berikutnya. Secara umum, aplikasi Dapodik memang bersifat semi online, karena kebutuhan akan internet hanyalah untuk mengirimkan data saja.

Dalam proses input data, maka tidak diperlukan koneksi internet. Semi online diberlakukan pemerintah untuk mengakomodasi berbagai sekolah yang memiliki keterbatasan sumber daya manusia, internet yang memadai dan komputer atau laptop.

Untuk menunjang kinerja Dapodik, maka pihak sekolah harus mempersiapkan komputer yang memilki RAM besar dan harus mempersiapkan koneksi internet yang stabil. Dengan adanya koneksi yang stabil, maka pengiriman data bisa dilakukan dengan cepat.

Sekian bahasan singkat mengenai cara kerja aplikasi Dapodik dan semoga semua bahasan yang dijabarkan dalam artikel dapat bermanfaat untuk para pembaca.