Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ingin Kuliah di Luar Negeri? Begini Caranya

  

Pict Source: Pixabay
Banyak orang yang beranggapan bahwa untuk kuliah di luar negeri merupakan hal yang sulit diwujudkan. Karena hal itulah banyak juga orang yang memendam impiannya untuk kuliah di luar negeri. Sebenarnya ada banyak cara lho yang bisa kamu lakukan untuk kuliah di luar negeri, berikut ini cara-caranya:

1. Pertukaran Pelajar

Untuk cara ini tentunya kamu harus menunjukan prestasi yang dimiliki saat di kampus atau di sekolah. Untuk mendapatkan kesempatan ini tidak hanya nilai akademik yang menjadi pertimbangan, tetapi kepribadian, keaktifan di organisasi atau kamu memiliki keahlian khusus.

2. Beasiswa

Nah, inilah cara yang paling banyak digunakan oleh orang-orang yang ingin berkuliah di luar negeri, yaitu dengan beasiswa. Di Indonesia sendiri ada beragam beasiswa yang bida kamu coba.

3. Seminar

Bagaimana caranya dengan mengikuti seminar akan membuatmu kuliah di luar negeri? Ternyata dengan kamu menghadiri seminar di luar negeri yang diadakan oleh kampus tersebut, membuka kesempatan untuk menggapai impianmu itu. Namun memang biaya yang harus dikeluarkan cukup besar untuk mengunjungi negara tersebut.

4. Riset

Kamu bisa mencoba untuk mendapat beasiswa baik itu dari pemerintah ataupun swasta mengenai riset penelitian yang kamu ajukan. Agar menjadi bahan pertimbangan yang matang, riset penelitian yang kamu lakukan pun harus sempurna dan dibuat dengan bahasa Inggris.

5. Program Volunteer

Kamu sering menjadi volunteer? Wah, jika iya maka kamu bisa berkuliah di luar negeri dengan program volunteer ini. Yang nantinya kamu akan melakukan kegiatan sosial di berbagai negara. Nantinya kamu akan mendapat sertifikat yang akan sangat membantu kamu dalam melamar suatu pekerjaan ataupun tes beasiswa.

6. Summer Course

Program ini memang berlangsung antara 1 bulan hingga 6 bulan. Ini diadakan untuk memperkenalkan kebuayaan dari suatu negara.

7. Student Loan

Sering kali biaya menjadi salah satu penghambat seseorang untuk menggapai impiannya berkuliah di luar negeri. Jika hal ini terjadi, kamu bisa mencoba program student loan yang ada di beberapa negara. Dengan adanya program ini, kamu akan dipinjamkan sejumlah uang untuk kuliah di suatu universitas. Bagaimana cara membayarnya? Tenang aja, kamu diharuskan membayar setelah lulus kuliah dan mendapat pekerjaan.