Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peran Penting Sumber Dapodik

 Peran Penting Sumber Dapodik yang Harus Kamu Tahu


 

Sebagai sebuah sistem yang melakukan pendataan skala nasional secara terpadu dan juga sebagai sumber utama dari data pendidikan nasional. Dapodik tentunya memiliki sumber yang membuat sistemnya memiliki julukan penduduk utama data pendidikan Nasional . Apa saja sumber pendataan dari dapodik ? Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai sumber data dapodik . Happy reading.
 

1. Nomor Pokok Sekolah Nasional ( NPSN ).
NPSN adalah  sistem yang melakukan pendataan nasional pada sekolah dengan  cara memberlakukan kode identitas yang memiliki sifat khas atau unik, tunggal serta  dapat berlaku seumur hidup untuk seluruh sekolah di Indonesia baik dari sekolah dasar , menengah maupun pendidikan perguruan tinggi entah itu perguruan tinggi negeri atau perguruan tinggi swasta. Selain itu instansi atau sekolah yang bernaung dibawah Departemen Agama juga memiliki sistem ini. Dengan pendataan sekolah secara terpusat dan menggunakan sistem online maka pengembangan serta pengawasan progam pemerintah yang memiliki kaitan dengan peningkatan dan pengembangan mutu sekolah , seperti halnya progam rehabilitas sekolah, pembangunan unit sekolah baru (USB)dan ruang kelas baru (RKB)dapat dilaksanakan lebih akurat , berkesinambungan serta tepat sasaran .  


2. Nomor Induk Sekolah Nasional (NISN).
NISN merupakan sistem pendataan untuk siswa dengan skala nasional menggunakan cara kode identitas yang memiliki  sifat unik, tunggal dan  berlaku seumur hidup kepada seluruh siswa baik sekolah dasar, menengah dan juga perguruan tinggi. Dengan begitu, siswa tidak perlu melakukan pergantian nomor induk setiap kali mengalami pergantian jenis pendidikan. Jadi, satu nomor lama digunakan oleh siswa sampai masa pendidikanya selesai. Dengan NISN perkembangan riwayat  pendidikan milik siswa dapat di pantau secara mudah seperti halnya proses mutasi, tingkat kelulusan  serta data siswa yang putus sekolah. NISN akan melakukan progam perancangan pendidikan nasional serta melakukan pelaksanaan bantuan operasional (BOS), atau kegiatan lain yang memiliki skala nasional dan tentunya berkaitan erat dengan data siswa secara lebih terukur dan terjamin memiliki data yang akurat.  


3. Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan ( NUPTK ).
NUPTK merupakan sistem pendataan pendidikan serta tenaga kependidikan yang berskala nasional dengan memberikan kode  identitas yang memilki sifat unik, tunggal serta dapat berlaku seumur hidup . Baik untuk tenaga pendidik tingkat sekolah dasar maupun tingkat sekolah menengah. Dengan NUPTK seorang pendidik dan tenaga kependidikan akan lebih mudah dalam memilih hak dalam program pemerintah seperti mengikuti sertifikasi profesi pendidik, tunjangan profesi serta progam lain yang berkaitan dengan pendidikan. 
Ketiga progam diatas adalah pengolahan utama dalam data sehingga menjadi bagian penting yang tidak dapat dipisahkan karena dapodik adalah data pendukung utama pendidikan nasional yang valid, akurat, akuntabel serta up to date pada pelaksanaan progam pendidikan Nasional. 

Demikianlah ulasan singkat mengenai sumber Data Pokok Pendidikan atau DAPODIK . Semoga bermanfaat.