Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ingin Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Indonesia? Begini Caranya

  

Pict Source: Pixabay
Anak-anak Indonesia sebagai generasi penerus bangsa sudah seharusnya mendapat pendidikan yang layak. Maka dari itu pendidikan di sekolah pun harus dilakukan semaksimal mungkin agar pembelajaran bisa berlangsung dengan baik. Namun sayangnya hingga saat ini bisa dikatakan kualitas pendidikan di Indonesia bisa dibilang tertinggal dibandingkan beberapa negara lain di Asia Tenggara.

Cara Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Indonesia

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, apa saja ya?

1. Meningkatkan Kedisiplinan

Kedisiplinan memang sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Sekolah harus lebih disiplin lagi dalam membuat absensi yang tidak hanya dibuat untuk murid saja tetapi juga untuk pihak sekolah yang terkait. Dengan demikian sekolah dapat mengontrol secara langsung anggota-anggotanya lewat absensi.

2. Mengatur dengan Baik Manajemen Sekolah

Setiap sekolah pastinya memiliki suatu manajemen, dan manajemen ini harus diatur dengan baik oleh kepengurusan sekolah. Agar sekolah bisa berjalan dengan baik dan tentunya berjalan dengan semestinya maka anggota pengurus sekolah harus menjalankan tugas dan tanggungjawab dengan sebaik mungkin.

3. Media Belajar yang Tepat

Siswa akan lebih mudah merespon dan menangkap setiap materi yang diajarkan guru dengan media belajar yang tepat. Meskipun sekarang ini bisa memanfaatkan internet untuk belajar, tidak semua sekolah bisa mendapatkan kualitas internet yang baik. Inilah yang membuat guru harus "memutar otak" mencari media belajar apa yang tepat.

4. Pengajaran Harus Dilakukan Guru Profesional

Pengajaran tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang, jadi pengajaran pun harus dilakukan oleh guru yang sudah profesional di bidangnya. Bagaimana jika guru mengajarkan materi yang tidak sesuai dengan bidangnya? Bisa saja siswa menjadi bingung dan guru tidak bisa menjelaskan dengan baik.

5. Melakukan Evaluasi Bulanan

Evaluasi tidak hanya bisa dilakukan saat guru menyampaikan materi belajar, tetapi juga dilakukan oleh sekolah. Di setiap rapat bulanan, guru akan mengetahui apa saja kekurangan yang selama ini ada di saat proses belajar mengajar.

6. Pendidikan Intelektual dan Emosional

Tidak hanya pendidikan intelektual saja yang dikembangkan, karena pendidikan intelektual dan emosional haruslah seimbang.

7. Memanfaatkan Sarana dan Fasilitas Sekolah dengan Baik

Agar murid bisa belajar dengan baik dan pandangan masyarakat terhadap sekolah tidak buruk, maka harus memanfaatkan sarana dan fasilitas yang dimiliki oleh sekolah dengan baik.

8. Memberikan Motivasi Pendidikan

Dengan memberikan motivasi pendidikan ke murid, secara tidak langsung murid akan memiliki motivasi untuk belajar dengan giat dan menggapai cita-citanya.